Agenda KegiatanBeritaLaporan PusdalopPeta KebencanaanProduk Hukum

Antisipasi Bencana, TRC BPBD Sinjai Adakan Posko dan Patroli Pada Titik Rawan Bencana

Bupati-Sinjai

SINJAI. Memasuki musim hujan dan mewaspadai cuaca ekstrim pada awal tahun 2019, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai telah melakukan langkah-langkah antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya bencana banjir, tanah longsor dan angin kencang, dengan mengaktifkan posko siaga bencana selama 1 x 24 jam di secretariat BPBD Sinjai.

Dalam dialog interaktifnya pada Radio Suara Sinjai Bersatu pada Selasa (27/01/2019), Plt Kepala BPBD Kabupaten Sinjai, Budiaman mengungkapkan, bahwa selain melakukan posko siaga yang melibatkan 67 personil relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan 24 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup sekretariat BPBD  Kabupaten Sinjai, juga dilakukan patroli bermotor pada sejumlah titik rawan bencana.

Menurutnya, berdasarkan data yang ada pada BPBD Kabupaten Sinjai dan sesuai hasil kajian Balitbangda Kabupaten Sinjai baru-baru ini, telah diupdate peta daerah rawan bencana di Kabupaten Sinjai, mulai dari wilayah rawan banjir yang meliputi sebagaian wilayah Kecamatan Sinjai Utara, Sinjai Timur, Sinjai Selatan dan Tellulimpoe, hingga potensi tanah longsor pada beberapa wilayah Kecamatan Sinjai Tengah, Sinjai barat dan Sinjai Borong.

Disamping aktivasi posko dan patroli mobile, BPBD dibantu sejumlah media informasi, juga telah menyebarluaskan himbauan Bupati Sinjai kepada segenap organisasi perangkat daerah, camat, lurah dan kepala desa serta seluruh warga masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaannya menghadapi dampak musim hujan dan cuaca ekstrim.

Comment here