Berita

BNPB Usulkan Gubernur Pimpin Satgas Mitigasi Bencana Banjir dan Longsor di Sulsel

Kepala BNPB RI dan Wagub Sulsel

MAKASSAR. BPBD-Sinjai.  Di sela-sela arahannya pada Rapat Koordinasi dengan jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di Kantor Gubernur, Jumat (01/02/2019),  Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo mengusulkan pembentukan Satuan Tugas (Satgas) mitigasi bencana banjir dan longsor di Sulawesi Selatan.

Selain itu, dengan harapan agar satgas mitigasi bencana banjir dan longsor dapat berjalan lancar dan efektif melalui kegiatan konservasi lahan pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Jenneberang, maka Doni mengusulkan agar satgas ini dapat dipimpin langsung oleh Gubernur Nurdin Abdullah.

“Saya mengusulkan komandan satgas yang bertugas melaksanakan konservasi lahan pada DAS Jenneberang, adalah Gubernur Sulsel, dan saya meminta Pangdam IX Hasanuddin menjadi wakilnya untuk melaksanakan survey dan konservasi serta Kapolda  dalam hal penegakan hukumnya”.

Namun kesemua ini, hanyalah merupakan usul, yang terpenting adalah bagaimana mitigasi bencana dbanjir dan longsor ini dapat kita antisipasi melalui kehadiran satgas yang diharapkan dapat bekerja secara maksimal, persoalan siapa komandan satgasnya, saya hanya mengusulkan pak Gubernur Sulsel.

Terkait dengan itu, Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman kepada media  mengungkapkan bahwa  untuk pembentukan dan penetapan satgas, kita perlu melakukan survey terlebih dahulu, dan untuk pelaksanaan kegiatan ini, Wagub juga menjelaskan jika BNPB telah berjanji untuk membantu anggrannya. (AA)

Comment here