Agenda KegiatanBeritaPeta Kebencanaan

BPBD Sinjai Survey Lokasi Rencana Pemasangan Rambu Rawan Bencana

Pantau Lokasi Rambu Bencana

Laporan Reporter BPBDKab Sinjai : Mustamsyirah Syah dan Rahmat Hidayat

Sumber Longsor yang Seringkali Menutup Badan Jalan

BPBD-Sinjai. Kepala Seksi Pencegahan pada Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai, Andi Oktave Amier melakukan survey pada sejumlah titik lokasi rawan bencana longsor pada jalan poros Sinjai Tengah dan Sinjai Barat, Sabtu 02/02/2012).

Menurut Andi Oktave, Survey ini dilakukan sebagai rangkaian dari pelaksanaan kegiatannya yang pada tahun anggaran 2019 ini, difokuskan pada rencana pemasangan rambu-rambu rawan bencana pada sejumlah titik yang hampir setiap tahunnya mengalami kejadian serupa berupa longsor.

Pemasangan rambu-rambu ini tentu dimaksudkan sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat tentang titik rawan bencana di lingkungan mereka, sehingga juga diharapkan dapat mengedukasi masyarakat sekitar dan pengguna jalan tentang kebencanaan, agar mereka senantiasa dapat lebih waspada dan berhati-hati.

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Kabupaten Sinjai yang juga turun langsung memantau pelaksanaan kegiatan survey ini, mengatakan bahwa survey ini memiliki arti penting untuk memetakan dan menempatkan rambu-rambu rawan bencana secara tepat pada titik lokasi yang memang rentan dengan rawan bencana.

Kita tentu berharap, dengan pemasangan rambu-rambu rawan bencana nantinya diharapkan dapat membantu warga masyarakat sekitar dan para pengguna jalan untuk senantiasa mengingat dan waspada terhadap ancaman potensi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi, sehingga dapat member manfaat dalam upaya mengurangi risiko akibat bencana. Jelasnya.

Melintas Tebing Menuju Bendung Apareng

Dalam survey ini, Plt Kepala BPBD, Budiaman bersama tim Kepala Seksi Pencegahan, juga melakukan peninjauan terhadap sejumlah titik longsor yang terjadi pada tahun 2018, termasuk pada bendungan Sungai Apareng.

Namun untuk permasalahan akibat dampak bencana tahun 2018, Budiaman menjelaskan jika hal itu akan ditangani oleh Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi pada BPBD yang dalam waktu dekat ini, juga akan kita tugaskan untuk segera melakukan evaluasi dan update data terakhir. Pungkasnya.

Editor : Sri Yuliana

Comment here