BeritaFotoGaleriVideo

Longsor di Desa Songing Sinjai Selatan Mendapat Penanganan Terpadu dan Terkoordinasi

rumah

Laporan : Pengelola Data dan Informasi Pusdalops BPBD Sinjai, Rahmat

Bpbdsinjaikab.go.id. Tanah longsor yang terjadi di Dusun Balemekko Desa Songing Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai pada Sabtu (27.04/2019) yang mengakibatkan tanah pada dasar pondasi bangunan rumah warga ikut terkikis, kini mendapat penanganan terpadu dan terkoordinasi dari Pemkab Sinjai.

This image has an empty alt attribute; its file name is Dan-Ramil-05-Sinsel-Bersama.jpg

Dan Ramil 05 Sinjai Selatan Bersama Staf BPBD Ikut Kerja bakti Bersihkan Longsor

Sesuai arahan Sekda Sinjai Akbar yang menugaskan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk segera melakukan evakuasi, telah ditindaklanjuti oleh Plt Kepala BPBD Budiaman yang turun langsung bersama dengan relawan BPBD Kabupaten Sinjai ke lokasi kejadian.

Sebelumnya, Camat Sinjai Agus Salim juga telah mengarahkan kepala Desa Songing Ambo Sakka untuk melakukan kerja bakti membersihkan material longsor yang menutup pada jalan dan mengambil langkah-langkah penyelematan terhadap penghuni  rumah warga yang berdiri di bibir tebing tanah longsor.

This image has an empty alt attribute; its file name is Babinsa-Kerja-Bakti.jpg

Babinsa Kerja Bakti Bersama Kepala Desa dan Warga Bersihkan Longsor

Pada waktu yang bersamaan Dan Ramil 05 Sinjai Selatan Hamid Nur bersama dengan Babinsanya, setelah melaporkan kronlogis kejadian kepada Dan Dim 1424 Sinjai, Letkol Inf. Oo Sahrojat, mendapat perintah dan petunjuk untuk segera membantu warga melaksanakan kerja bakti dan upaya penyelematan.

Atas kerjasama dan koordinasi yang berjalan baik antara Sekda, BPBD, Dandim, Camat, Koramil, Kepala Desa Songing dan kepala Dusun beserta segenap warga masyarakat, dalam waktu singkat material longsor telah dibersihkan dari badan jalan yang selanjutnya dirapikan pada sisi jalan.

Sementara warga yang bangunan rumahnya terdampak longsor, melalui pendekatan Dan Ramil 05 Sinjai Selatan bersama dengan Kepala Desa Songing, telah diminta untuk meninggalkan rumahnya, karena dikhatirkan akan terjadinya longsor susulan yang berpotensi merobohkan badan rumah yang berdiri di bibir tebing.

Kepala BPBD bersama Dan Ramil dan Babinsa Koordinasi tindak Lanjur

Pada lokasi kejadian, masih terdapat materi longsor yang menutup saluran irigasi di kaki tebing yang longsor, dan untuk mengangkat material itu, baik Dan Ramil maupun pihak BPBD dan Kepala Desa Songing memandang perlu adanya bantuan alat berat.

Karena itu, Plt Kepala BPBD Budiaman yang berada di lokasi setelah berkoordinasi dengan Dan Ramil, meneruskan laporannya melalui WA kepada Sekda Sinjai untuk bantuan pemenuhan kebutuhan alat berat guna mengangkat material longsor yang menimbun saluran irigasi.

Material Longsor Menutup Saluran Irigasi, Butuh Alat Berat Untuk Membersihkan

Dengan keterlibatan semua pihak dalam penanganan longsor ini, Plt Kepala BPBD Sinjai Budiaman menyampaikan terima kasihnya kepada Dandim 1424, Dan Ramil 05 Sinjai Selatan beserta Babinsa, Camat, Kepala Desa Songing dan Kepala Dusun Balemekko serta seluruh warga masyarakat yang dengan tanggap telah melakukan upaya kerja bakti dan langkah-langkah penyelematan.

Menurut Budiaman, Bupati Sinjai sudah sejak dini telah menetapkan status siaga darurat bencana banjir, longsor, dan angin kencang dengan mengimbau para warga untuk senantiasa melakukan upaya antisipasi dan mewaspadai cuaca akstrim yang menurut perkiraan BMKG akan terjadi hingga Bulan Juni 2019.

Comment here