BeritaFotoGaleri

Digulung Puting Beliung Sejumlah Rumah Rusak Parah di Sinjai Timur

Bpbdsinjaikab. Akibat diterjang puting beliung pada Rabu (22.05/2019) pagi, sejumlah bangunan rumah di Desa Tongke-tongke Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai mengalami kerusakan, mulai dari kategori ringan sampai yang mengalami kerusakan berat (parah).

Selain merusak rumah warga, angin putting beliung yang menggulung wilayah pesisir itu terjadi pada tiga dusun secara bersamaan, yaitu pada Dusun Maroanging, Dusun Cempae, dan Dusun Babana, juga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan beberapa kabel listrik terputus.

Menyikapi kejadian ini dengan segala dampaknya, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah bersama anggota Tim Reaksi Cepat (TRC), Kepala Desa Tongke-tongke, Camat Sinjai Timur, Koramil dan Kepolisian serta PLN telah turun tangan ke lokasi kejadian, baik dalam upaya mengangkat pohon tumbang yang menimpa rumah warga, maupun untuk melakukan pendataan terhadap kerusakan.

Dari hasil pantauannya, Plt Kepala BPBD Sinjai, Budiaman menjelaskan, bahwa hujan deras disertai angin kencang yang menurut warga setempat adalah puting beliung pada tiga dusun di Desa Tongke-tongke, telah mengakibtakan terjadinya kerusakan pada sembilan bangunan rumah warga yang sebagian besar terjadi pada bagian atap.

Satu buah rumah yang sudah tidak berpenghuni atas nama pemilik almarhumah Juhera, tidak hanya kehilangan atap, tetapi dinding sebelah kanan rumah panggung tersebut juga jatuh secara keseluruhan.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun terdapat beberapa rumah warga yang atap dan dindingnya memang diterbangkan oleh angin, dan dua buah rumah lainnya yang mengalami kerusakan pada bagian atap karena tertimpa pohon tumbang,” Jelas Budiaman.

Pada lokasi kejadian, beberapa pemilik rumah yang terdampak dengan tingkat kerusakan ringan, sudah melakukan upaya perbaikan dengan kembali memasang atap rumahnya, sementara pada beberapa rumah yang mengalami kerusakan sedang hingga berat, masih tampak pasrah dan berharap bantuan dari pemerintah.

Sampai berita ini diturunkan, Plt Kepala BPBD bersama TRC, Camat Sinjai Timur, Kepala Desa Tongke-tongke, Anggota Koramil dan Polsek Sinjai Timur serta petugas PLN masih berada pada lokasi kejadian.

 

Comment here