BeritaFotoGaleriInfo Bencana

Sinjai Kembali Diterjang Banjir, Wakil Bupati Bersama Dandim Berjalan Kaki Menerobos Arus Air

Re-Aksinews.com. Diguyur hujan lebat sejak Sabtu (25/05/2019) malam, wilayah ibukota Kabupaten Sinjai kembali diterjang banjir pada Minggu (26/05/2019).

Sejumlah jalan dalam kota tidak dapat dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, bahkan tidak sedikit gedung perkantoran dan perumahan warga ikut terendam, termasuk rumah jabatan Komandan Kodim 1424 Sinjai yang berada di Jalan Jend. Sudirman dan kantor Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Banjir yang kali ini tampak lebih besar dibanding dengan banjir sebelumnya, tampak mendapat perhatian serius dari Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong dan Komandan Kodim 1424 Sinjai, Letkol Inf. Oo Sahrodjat  yang keduanya rela berjalan kaki menerobos arus banjir saat melakukan pemantauan pada sejumlah lokasi banjir.

Wakil Bupati beserta Dandim 1424 Sinjai yang turut didampingi Plt Kepala BPBD Sinjai Budiaman beserta jajarannya, Plt. Camat Sinjai Utara, Andi Jefriyanto Asapa, dalam peninjauannya, tidak hanya berhenti pada lokasi banjir, tetapi mereka pun menelusuri sumber luberan air ke dalam kota yang diduga dari wilayah perbukitan.

Disela-sela pemantauannya, Wakil Bupati Sinjai mengungkapkan, bahwa selain karena curah hujan yang memang tinggi sejak tadi malam dan kondisi drainase yang juga banyak bermasalah disamping kontur wilayah geografis kota Sinjai yang memang hampir sejajar dengan tinggi permukaan laut, menjadi pemicu terjadinya rawan banjir.

Namun apapun yang menjadi penyebabnya, pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai, akan tetap berupaya untuk segera melakukan tindakan dan langkah-langkah tertentu, baik yang sifatnya jangka pendek maupun untuk jangka panjang guna mengatasi permasalahan ini yang selalu terjadi dan berulang pada setiap musim hujan.

Selesai peninjauan, saya bersama BPBD Komandan Kodim, Camat Sinjai Utara, para Lurah dan seluruh instansi terkait akan melaksanakan rapat untuk menyatukan persepsi terkait langkah-langkah yang harus kita tempuh, ungkap Hj. Andi Kartini Ottong.

Karena itu Wakil Bupati Sinjai mengimbau kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Sinjai untuk tetap waspada dengan kondisi cuaca ekstrem saat ini yang melanda wilayah Kabupaten Sinjai termasuk hujan lebat yang disertai angin kencang, jika perlu warga masyarakat bermukim pada lokasi rawan banjir dapat mengungsi untuk sementara waktu pada tempat yang lebih aman.

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Budiaman mengungkapkan, bahwa sejak dua hari lalu pihaknya bersama dengan Camat Sinjai Utara telah melakukan siaga satu dalam mengantisipasi terjadinya banjir menyusul intensitas hujan yang semakin tinggi, karena menurutnya bahwa sejak Maret yang lalu Pemerintah Kabupaten Sinjai sudah menetapkan status siaga darurat bencana banjir, tanah longsor dan angin kencang dengan keputusan Bupati Sinjai.

Bahkan saat itu jelasnya, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa bersama Ketua DPRD, Dandim 1424, Kapolres Sinjai bersama sejumlah kepala OPD terkait, telah melakukan peninjauan yang ditindaklanjuti dengan gerakan pembersihan kanal yang dikoordinir langsung oleh Camat Sinjai Utara.

Comment here