BeritaFotoGaleri

Komisi III DPRD Sinjai Gandeng PUPR, Dishub Dan BPBD Tinjau Jalan Longsor Di Bulupoddo

Bpbdsinjaikab.go.id. Komisi III DPRD Sinjai menggandeng Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Perhubungan (Dishub) dan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) tinjau jalan longsor yang terdapat pada beberapa titik di Kecamatan Bulupoddo, Selasa (11/06/2019).

Menurut salah satu anggota Komisi III DPRD Sinjai, Mappahakkang, bahwa longsor yang diakibatkan karena rapuhnya pondasi yang baru saja selesai dikerja pada tahun lalu, sangat patut disayangkan.

Karena selain telah menelan anggaran besar yang telah digunakan dalam proyek pekerjaannya menjadi relatif mubazir, kondisi jalan pun pasca longsor sudah berpotensi mengancam keselamatan pengguna jalan, bahkan jika dibiarkan tanpa penanganan secepatnya, bisa saja akan terjadi longsor susulan yang akan menjadikan jalan semakin sempit.

Untuk itu, kami dari Komisi III DPRD Sinjai memberinya perhatian sejak dini dengan meminta pemerintah daerah melalui instansi teknis terkait untuk secara bersama-sama melakukan peninjauan dengan harapan akan segera ada solusi dan prioritas perbaikan, jelas politisi asal Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Sementara itu, baik Kepala Seksi Rehabilitasi, Sudayani maupun Kepala Seksi Rekonstruksi, H. Mahmud dari BPBD Kabupaten Sinjai yang ditugaskan mendampingi Komisi III dalam peninjauan ini mengungkapkan, bahwa dari kondisi jalan longsor yang terjadi pada beberapa titik di Kecamatan Bulupoddo ini, memang perlu untuk segera mendapat penanganan.

Karena rata-rata kondisi fisik jalan pasca longsor yang semakin sempit, tidak hanya menggangu kelancaran arus lalu lintas pada areal jalan, tetapi dampak lain lebih dikhawatirkan akan ancaman keselamatan pengguna jalan, sehingga cukup bijak jika anggota dewan yang terhormat memberikan perhatian serius, ungkap Sudayani.

Ditanya dugaan penyebab terjadinya longsor yang oleh beberapa pihak menengarai karena kemungkinan rendahnya kualitas proyek pengerjaan pondasi, baik Sudayani maupun H. Mahmud dari BPBD, enggan berspekulasi. Tetapi keduanya sepakat untuk lebih fokus pada harapan perbaikan secepatnya.

Apalagi pada salah satu titik longsor, terdapat tiang listrik yang bertahan pada bibir jalan dan tampak mulai miring sehingga terancam tumbang yang akan turut memperparah kondisi longsor.

Ada dua lokasi longsor yang ditinjau oleh gabungan tim ini dihadiri Ketua Komisi III DPRD, H. Bahar, Kadis PUPR, Ishak, Kadis Perhubungan, A. Irwan Syahrani yang turut dihadiri Camat Bulupoddo, Hj. A. Hariyani Rasyid, yaitu longsor di Dusun Sahoddi Desa Lamatti Riattang dan longsor di Dusun Tana Tekko Desa Bulu Tellue Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai.

 

Comment here