BeritaFotoGaleri

Cegah Genangan Air, Camat Sinjai Utara Inisiasi Kerja Bakti Bersihkan Drainase, Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong Bersama Dandim 1424 Turun Langsung, Aparat BPBD All Out

Bpbdsinjaikab.go.id.  Iniasiatif Camat Sinjai Utara Andi Jefriyanto Asapa untuk melakukan kerja bakti massal membersihkan drainase dan saluran air yang melibatkan TNI dan Polri dengan dukungan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada empat wilayah kelurahan dalam kota, telah terlaksana pada Minggu (16/06/2019).

Pada kerja bakti itu, selain Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong, juga tampak Komandan Kodim 1424 Sinjai yang turun langsung melaksanakan kerja bakti bersama dengan personil, baik dari Polres maupun personil perwakilan beberapa OPD seperti dari DLHK dan BPBD Kabupaten Sinjai yang tampak all out.

Kerja bakti ini difokuskan pada pembersihan drainase dari sampah dan sedimen lumpur yang diyakini menjadi penyebab utama genangan air pada setiap pasca hujan deras.

Sesuai dengan rencana semula, empat kelurahan yang menjadi sasaran gerakan pembersihan meliputi Kelurahan Balangnipa yang meliputi Jalan Sultan Hasanuddin, Jln KH Agus Salim, Jln. Sam Ratulangi dan Jln DR Sutomo. Sedangkan pada Kelurahan Bongki meliputi Jalan Petta Ponggawae, Jln Bulu Lohe dan Jln G. Latimojong.

Sementara pada Kelurahan Biringere dan Kelurahan Lappa meliputi Lingkungan  Lompu dan jalan Cumi-cumi.

Dalam kegiatan ini juga diterjunkan beberapa mobil unit pemadam kebakaran yang melakukan penyemprotan terhadap drainase yang tersumbat.

Dari keterangan para pejabat struktural lingkup BPBD yang ditugaskan secara khusus untuk mengkoordinir personilnya yang dilibatkan pada masing-masing kelurahan, terungkap jika kegiatan ini masih perlu dilanjutkan dengan memperluas jangkauan areal pembersihan dengan melibatkan lebih banyak lagi personil, termasuk penggunaan alat berat.

Wakil Bupati Sinjai Hj. A. Kartuni Ottong mengatakan bahwa upaya ini dilakukan untuk mencegah terjadibya banjir ketika intensitas hujan tinggi.

“Salah satu penyebab terjadinya banjir atau genangan air ketika hujan turun karena saluran air di drainase yang tersumbat, sehingga kita memandang perlu melakukan pengerukan sampah dan sedimen lumpur agar air di selokan dapat lancar kembali, ungkapnya”.

Wakil Bupati Sinjai berharap kepada warga untuk menjaga lingkungan masing-masing dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat termasuk di selokan.

Comment here