Berita

Dinkes Sinjai Lakukan Deteksi Dini PTM Bagi ASN Dan Relawan BPBD Melalui Posbindu

Bpbdsinjaikab.go.id.  Sebagai langkah deteksi dini kesehatan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai, BPBD kerja sama Dinas Kesehatan menggelar Pos Binaan Terpadu (Posbindu) pemeriksaan kesehatan gratis di Kantor BPBD, Jumat (02/08/2019).

Kepala Seksi Kesiapsiagaan pada Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sinjai, Syamsul Ahmad yang juga merupakan inisiator pelaksanaan kerja sama kegiatan ini,  mengungkapkan bahwa Posbindu adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko Penyakit Tidak Menular  (PTM) terintegrasi.

Plt Kepala BPBD Sinjai Memeriksakan Tekanan Darahnya pada Kegiatan Posbindu PTM

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini, selain untuk memberikan pelayanan pemeriksanaan kesehatan bagi ASN dan relawan pada BPBD, mulai dari penelusuran riwayat kesehatan, cek darah untuk melihat kadar gula darah, kolestrol, berat dan tinggi badan, hingga konsultasi kesehatan, juga diharapkan menjadi rujukan bagi ASN untuk lebih meningkatkan kualitas kesehatannya.

Pemeriksaan kadar gula dan kolestrol

Ini menjadi penting, agar seluruh ASN dan relawan BPBD pada khususnya, dapat senantiasa dalam kondisi sehat, sehingga dalam menjalankan tugas kemanusiaan, dapat bekerja dengan optimal dalam upaya memberikan pengabdian terbaiknya kepada masyarakat. Jelas Syamsul.

Kasi Logistik, Muhtar Mengisi Formulir Pemeriksaan Kesehatan

Kehadiran petugas Dinas Kesehatan dan Tenaga Kesehatan Puskesmas Balangnipa di Kantor BPBD ini, kiga tampak dimanfaatkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Sinjai, Budiaman beserta sejumlah pejabat struktural, staf dan relawan untuk memeriksakan kesehatannya.

Di tengah-tengah pemeriksaannya, Budiaman menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya baik terhadap inisiator pelaksana kegiatan, terlebih lagi kepada Dinas Kesehatan beserta para petugasnya yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

Pemeriksaan Mata

Kami tentu berharap, kerja sama dan kegiatan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sebagai sumber motivasi bagi segenap ASN dan relawan untuk tetap peduli dengan kondisi kesehatannya di tengah rutinitas kesibukannya yang juga rentan dengan berbagai risiko.

Mengukur Tinggi Badan

Sementara itu Koordinator Posbindu Puskesmas Balangnipa Hasdiana Ns, S.Kep mengatakan bahwa Posbindu PTM merupakan satu strategi penting untuk mengendalikan trend penyakit tidak menular yang semakin mengkawatirkan.

Mengukur Berat Badan

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa trend tingkat kesakitan dan kematian penyakit tidak menular (hipertensi, diabetes, stroke, jantung, ginjal, dan lainnya) cenderung mengalami peningkatan, sehingga kegiatan ini memang seharusnya dilaksanakan secara berkesinambungan, jelasnya.

Posbindu dikantor BPBD ini melibatkan 5 Orang tenaga kesehatan, 4 Nakes dari Puskesmas Balangnipa dan 1 Orang lagi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai. “Dari 30 an orang yang memerikaskan diri, umumnya penyakit yang dominan dijumpai tim Posbindu adalah kolesterol, disusul tekanan darah tinggi,” ujarnya.

Comment here