Berita

Sekretaris BPBD Sinjai, Muhammad Asdar : “Tenaga Sukarela Lingkup BPBD Dievaluasi Setiap Tahun”

Laporan kontributor bpbd.sinjaikab.go.id: Yuliana 

Bpbd.sinjaikab.go.id. Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai, Muhammad Asdar, S.H. mengungkapkan, bahwa keberadaan tenaga sukarerela yang ada pada BPBD, akan dievaluasi setiap tahun, termasuk penempatan dan pemberdayaannya, sehingga tidak mutlak semua tenaga sukarela akan kembali terakomodir pada tahun berikutnya.

Hal itu diungkapkan mantan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (12/09/2019).

Menurutnya, saat ini tenaga sukarela yang ada pada BPBD, telah diposisikan dan diberdayakan baik pada secretariat maupun pada tiga bidang yang ada, namun hingga saat ini lebih banyak yang terserap dalam satuan tugas Tim Reaksi Cepat (TRC), dan bahkan dalam perkembangannya, sejak April yang lalu, beberapa di antaranya  telah ditugaskan dalam satuan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB).

Oleh karenanya, meskipun semua tenaga sukarela yang telah mengikuti proses dan dinyatakan dapat diterima yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala BPBD, namun sebagian dari mereka, juga ada yang diusulkan untuk diangkat menjadi anggota Satgas TRC maupun Pusdalops PB dengan Keputusan Bupati.

Dalam hal ini, juga harus diketahui, bahwa pengangkatan mereka menjadi anggota TRC dan Pusdalops PB juga akan dievaluasi padasetiap tahunnya, sehingga tidak menutup kemungkinan jika pada tahun berikutnya, jumlah mereka dalam satuan tugas masing-masing, akan bertambah atau malah berkurang.

Keberadaan dan penugasan mereka tentu diarahkan dalam upaya menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi BPBD, baik pada pra bencana, saat bencana maupun pasca bencana, disamping yang melaksanakan tugas-tugas administratif.

Dalam kaitannya dengan penempatan dan pemberdayaannya, mereka telah melalui proses dan tahapan, mulai dengan mengajukan permohonan, mengikuti seleksi dalam bentuk wawancara sampai penugasan lapangan.

Ketika ditanya soal adanya isu penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini, Asdar menegaskan jika itu bukan rananya, apalagi menyangkut penentuan formasi, sembari mengarahkan untuk mempertanyakan pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparat (BKPSDMA) Kabupaten Sinjai.

Editor : Risma

Comment here