Berita

Terima Kasih Facebooker Untuk Bupati Sinjai

Bpbdsinjaikab.go.id. Sejak Bupati Sinjai menginstruksikan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam lingkup pemerintah Kabupaten Sinjai untuk membuat dan mengelola akun facebook (fb) masing-masing, telah memberi manfaat lebih, baik bagi OPD yang bersangkutan maupun terhadap warga masyarakat, khususnya pengguna fb.

Bagi OPD melalui akun facebooknya, dapat dengan cepat menyampaikan informasi program dan kegiatan yang dilaksanakannya, sehingga menjadi media bagi setiap OPD untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanannya yang lebih transparan dan akutabel, termasuk dalam hal membuka dan memberi akses bagi public untuk turut meningkatkan peran sertanya.

Sedangkan bagi warga masyarakat, khususnya para facebooker, memperoleh kemudahan akses untuk sesegera mungkin mendapatkan pelayanan informasi ataupun untuk menyampaikan pengaduan serta saran dan bahkan kritikan hingga pada tawaran solusi terhadap suatu permasalahan.

Seperti yang diungkapkan facebooker, Andi Rohani dari Desa Saukang Kecamatan Sinjai Timur yang ditemui awak media ini pada Senin (14/10/2019) di kediamannya, mengungkapkan bahwa dengan adanya akun fb pada semua OPD sampai pada Camat, telah memberi kemudahan para pengguna untuk berinteraksi langsung dalam menjalin komunikasi dan informasi di antara para pengguna fb.

Apalagi media fb ini sangat merakyat, sehingga ada kemudahan untuk diakses oleh siapa saja, tinggal kita berharap semoga dengan kebijakan BapakBupati ini, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab baik oleh pemilik akun dalam hal ini para OPD, maupun para facebooker yang sudah mendapatkan akses pada akun fb dari masing-masing OPD.

Senada dengan itu,facebooker lainnya,  Amal warga Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara yang dalam kesehariannya berprofesi sebagai nelayan, juga mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih dengan adanya kebijakan Bapak Bupati Sinjai yang mewajibkan semua OPD menggunakan fb sebagai salah satu media komunikasi dan infromasi.

Karena menurutnya, sejak semua OPD membuka akun fbnya masing-masing, saya selaku pengguna fb yang cukup aktif, menjadikan salah satu kebutuhan utama pribadi saya ikut terpenuhi, yaitu ketersediaan informasi cuaca yang diupdate setiap hari pada akun fb Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai.

Dengan dengan ketersediaan informasi ini, saya dengan teman sesame nelayan, hanya bisa menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati yang karena kebijakannya, kami merasa turut mendapat perhatian lebih.

“Sekian lama, kami selalu kesulitan menemukan informasi perkembangan cuaca seputar wilayah Sinjai, tetapi dengan adanya fb ini, setiap pagi, kami sudah dapat dengan mudah menemukannya pada fb BPBD, semoga hal ini dapat tetap menjadi perhatian dari pengelola akun fb BPBD,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan pada Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sinjai, Andi Oktave Amier yang juga merupakan penanggung jawab Pusat Data Informasi (Pusdatin) dan Humas BPBD Sinjai, mengakui jika selama ini pihaknya agak kesulitan dalam memilih dan menentukan media yang dapat dengan mudah dijangkau oleh public untuk mendapatkan informasi yang kita sediakan.

Namun dengan adanya perintah dari Bapak Bupati untuk membuat akun fb pada masing-masing OPD menjadi inspirasi bagi kami untuk memanfaatkannya sebagai salah satu media untuk berbagi informasi, khususnya informasi cuaca yang juga kami olah dari informasi BMKG.

Sesungguhnya BPBD sudah sejak lama memiliki akun fb, tetapi pemanfaatannya memang kurang fokus sebagai media pelayanan komunikasi dan informasi yang bersifat kelembagaan, melainkan hanya sebatas media silaturrahim antar para pengguna, tetapi dengan akun yang baru, bpbdsinjaisulsel, kami berharap dapat lebih fokus menjadi media akses pelayanan komunikasi dan informasi public.

Media lain yang dapat diakses untuk mendapatkan informasi dari BPBD, menjelang satu tahun terakhir juga telah diaktifkan website BPBD Kabupaten Sinjai dengan alamat http//bpbd.sinjaikab.go.id Jelas Andi Oktave.

Comment here