Berita

Akhirnya BPBD Berhasil Menuntaskan Mapping Asset Rehabilitasi dan Rekontruksi Pasca Bencana di Kabupaten Sinjai

Bpbdsinjaikab.go.id. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai melalui Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi yang dimotori Kepala Seksi Rehabilitasi, Virdaus dan Kepala Seksi Rekonstruksi, H. Mahmud, berhasil menuntaskan mapping aset (pemetaan aset) rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana di Kabupaten Sinjai.

Sebelumnya, BPBD Sinjai, hampir saja gagal melaksanakan kegiatan mapping aset hingga tuntas 100 persen sesuai yang direkomendasikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI yang terbagi dalam 25 paket yang dilaksanakan pada tahun 2010 dan tahun 2016.

Pasalnya, ke 25 aset yang hendak dipetakan, tidak hanya tersebar pada 7 wilayah kecamatan dari 9 kecamatan di Kabupaten Sinjai, tetapi pelaksanaannya pun  berlangsung dalam dua tahap, yaitu tahun 2010 dan tahun 2016.

untuk aset tahun 2016 sebanyak 8 paket, pemetaannya dapat dilakukan dengan mudah hingga tuntas secara keseluruhan karena adanya dukungan ketersediaan dokumen yang tetap tersimpan rapi pada lembaga BPBD.

Namun untuk 17 aset lainnya yang dikerjakan pada tahun 2010, pihak BPBD mengaku kesulitan melakukan pemetaan, karena tidak ada selembar dokumen yang dimiliki  guna dijadikan pedoman untuk melakukan pemetaan.

Menurut Virdaus, ketiadaan dokumen yang diharapkan karena aset itu sudah ada sebelum lembaga BPBD Sinjai terbentuk, sehingga yang mengerjakan ke 17 aset itu, jelas tidak pada BPBD, tanpa diketahui dengan pasti siapa yang mengerjakannya, karena memang BPBD Sinjai terbentuk pada tahun 2012. Jelasnya.

Atas kesulitas tersebut, Virdaus pun lantas berinisiatof melakukan koordinasi dengan pihak PUPR, namun juga tidak diperoleh jawaban yang memuaskan, sehingga hal tersebut kemudian dikomunikasikan kembali ke BNPB untuk mengirimkan data ataupun dokumen terkait aset yang 17 paket tersebut.

Bak gayung bersambut, BNPB pun lantas menurunkan tim Monitoring dan Evaluasi Hasil Survei Lapangan Kegiatan Mapping Aset Pelaksanaan RR Bidang Fisik di Wilayah Kabupaten Sinjai dengan menugaskan Kepala Seksi Rehabilitasi Fasilitas Umum BNPB Ria Suwartiningsih, Staf Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Maharani Dagi Saputri, dan  Usri Waiti didampingi staf Bidang RR BPBD Sulsel, Syamsul.

Dengan terjalinnya komunikasi dan koordinasi yang baik antara BPBD Sinjai dan BNPB, kegiatan mapping aset pun berhasil dilaksanakan hingga tuntas 100 persen, kunci Virdaus.

Comment here