BeritaFotoGaleri

Pemkab Didukung Satgas PB Sinjai, Maksimalkan Kegiatan Pencegahan dan Mitigasi Bencana Memasuki Musim Hujan

bpbdsinjaikab.go.id. Dengan berbekal Surat Bupati Sinjai Nomor 005/12.094/SET tanggal 16 Januari 2019 Perihal Undangan Kerja Bakti Massal, aparat Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai dipimpin Wakil Bupati Sinjai kembali melaksanakan kegiatan kerja bakti massal membersihkan Saluran Terbuka (Salter) dalam kota Sinjai, Jumat (17/01/2019).

Wakil Bupati Sinjai Memimpin Kegiatan Kerja Bakti Massal

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai, Budiaman yang ditemui di lokasi kerja bakti menjelaskan, bahwa kegiatan yang sama sebagai upaya  antisipasi memasuki musim hujan 2020, telah mulai dilaksanakan pada minggu kemarin di dua salter, yaitu Cakkempong dan Tekolampe.

Kepala BPBD Sinjai, Budiaman Bersama Dandim 1424 Sinjai Dalam Kerja Bakti Massal

Jadi pada prinsipnya kegiatan hari ini merupakan wujud dari konsistensi pemerintah daerah yang berkomitmen untuk lebih meningkatkan upaya mitigasi dan pencegahan terhadap berbagai potensi ancaman bencana yang bisa terjadi pada musim hujan mendatang, termasuk ancaman banjir dan pohon tumbang.

Dandim 1424 Sinjai Selaku Ketua Harian Satgas PB Terjunkan 50 Anggota TNI Bersihkan Salter Bontompare

Untuk lebih memaksimalkan upaya pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan menghadapi dampak musim hujan ataupun cuaca ekstrim tahun ini, Pemerintah Daerah bersama TNI dan Polri beserta komunitas dan elemen masyarakat di daerah ini, telah membentuk Satuan Tugas Penanggulangan Bencana (Satgas PB) hingga pada tingkat kecamatan.

Kapolres Sinjai, AKBP Sebpril Sesa Mengerahkan 150 Personil Polres Kerja Bakti Massal

Satgas yang telah dibentuk ini pulalah yang dalam dua kali kegiatan kerja bakti, bersatu melakukan pembersihan salter, sehingga kegiatan hari ini kita didukung dengan 70 anggota TNI yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 1424 Sinjai, Letkol Inf. Oo Sahrojat, dan 120 personil Polres Sinjai yang juga dipimpin langsung Kapolres Sinjai, AKBP Sebril Sesa.

Anggota TNI Kodim 1424 Sinjai Bersihkan Salter Bontompare

Selain melaksanakan kegiatan pembersihan pada Salter Sungai Bontompare, satu tim yang terdiri dari BPBD, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas PUPR, Koramil Sinjai Utara, serta PLN Sinjai juga mulai melakukan penebangan pohon yang berdasarkan laporan dan pengaduan masyarakat dan setelah dilakukan pengkajian bersama dianggap membayahakan.

Anggota Polres Sinjai Saat Kerja Bakti Massal Bersama Pemkab dan TNI

Penebangan pohon untuk pagi ini dilaksanakan di Jalan Cumi-cumi Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara dengan dua pohon, dan setelah sholat Jumat akan dilanjutkan untuk penebangan pohon di Jalan Teuku Umar yang selama ini sangat menghawatirkan warga sekitar.

Dengan Menggunakan Mobil PJU Dinas PUPR Satgas PB Lakukan Penebangan Pohon yang Membahayakan

Sesuai harapan Ketua Harian Satgas Penanggulangan Bencana dalam hal ini Komandan Kodim 1424 Sinjai, Letkol Inf. Oo Sahrojat kegiatan pembersihan dan pemangkasan dan penebangan serta peremajaan pohon  dalam kota, akan dilaksanakan pada setiap hari kerja.

Comment here